Hit Enter to search or Esc key to close
pusat oleh oleh khas karimunjawa

10+ Oleh Oleh Khas Karimunjawa Wajib Kamu Beli

10+ Oleh Oleh Khas Karimunjawa Wajib Kamu Beli

pusat oleh oleh khas karimunjawa

Oleh oleh khas karimunjawa – Siapa yang belum kenal dengan pulau Karimunjawa? Bagai sebuah surga tersembunyi di tengah Laut Jawa, pulau ini menyimpan keindahan dan keunikan yang sangat menarik. Tidak hanya menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, tetapi juga oleh oleh khas Karimunjawa yang otentik dan menggugah selera. 

Setiap kunjungan ke pulau ini tak lengkap tanpa mencicipi dan membawa pulang sejumlah oleh-oleh yang menggambarkan keunikan dan rasa pulau tersebut. Mulai dari kaos yang iconic, hingga kerajinan tangan dan kelezatan kulinernya yang membuat kangen untuk terus datang ke sana. Jadi, ini daftar oleh-oleh wajib yang harus kamu bawa dari Karimunjawa. 

Oleh oleh Khas Karimunjawa

1. Kayu Langka Setigi: Keajaiban Alam dalam Bentuk Kayu

Oleh oleh khas Karimunjawa ini sangat unik. Karena ada banyak mitos yang menyertainya, termasuk fungsi dari kayu spiritual tersebut. Mengingat, kayu setigi ini langka, dan sangat kuat karena tumbuh dalam ekosistem laut yang keras dan asin. 

oleh oleh karimunjawa kayu dewadaru

Sehingga, tidak heran jika kayu yang berasal dari Karimunjawa ini, memiliki reputasi dalam dunia supranatural. Apalagi, dengan struktur serat yang halus dan kuat, membuat kayu ini sangat cocok untuk souvenir dan pernak pernik yang indah. Seperti, aneka desain gelang, kalung, hingga hiasan interior rumah.

2. Kayu Dewandaru: Kekuatan Spiritual dalam Genggaman

Masih soal kayu, di Karimunjawa yang dikelilingi oleh laut membuat tanaman yang ada di sana memiliki pamot bagus soal daya tahan dan keunikannya. Termasuk kayu Dewandaru yang memiliki sejarah panjang dan diyakini sebagai tongkat ayahanda Sunan Muria.

Selain buahnya yang terkenal sebagai bahan obat yang ampuh sejak zaman lampau, kayu dari tanaman ini bisa menjadi aksesoris dengan nilai spiritual yang tinggi. Tidak heran jika bentuk tasbih, liontin, atau gelang menjadi andalan oleh oleh khas Karimunjawa untuk dibawa pulang.

3. Kayu Kalimasada: Elegan dan Misterius

Dalam sejarah, kalimasada merupakan ajian atau mantra sakti yang konon katanya menjadi andalan para jawara. Demikian pula dalam agama Islam, kalimasada merupakan akulturasi dari nilai Islam ke budaya Jawa yang sebenarnya adalah kalimat syahadat. 

Gelang 3 kayu oleh oleh khas karimunjawa

Kayu Kalimasada memiliki warna hitam yang mencolok, struktur keras, dan dianggap memiliki kekuatan spiritual. Aksesoris yang terbuat darinya, seperti gelang, kalung, dan lainnya, menjadi pilihan unik bagi pecinta barang bernilai spiritual.

4. Kerajinan Kerang: Sentuhan Laut dalam Bentuk Seni

Kerajinan Kerang menjadi oleh-oleh yang merefleksikan keindahan pantai Karimunjawa. Kamu bisa mengulik keindahan struktur dan bentukan kerang dalam berbagai produk yang unik dan menarik. 

Kerajinan Limbah Kerang Karimunjawa

Ada pilihan gantungan kunci yang bisa kamu bagikan ke kawan-kawan. Pun ada hiasan cup lampu yang bisa kamu pajang untuk menghadirkan kenangan selama di Karimunjawa. Semua bisa kamu tebus dengan harga yang ekonomis dan sangat terjangkau.

5. Kaos Karimunjawa: Kenang Kenyamanan Pulau

Kaos dengan tulisan atau gambar Karimunjawa adalah kenang-kenangan yang mudah ditemukan di toko oleh oleh khas Karimunjawa. Pilihan desain dan ukuran yang beragam memungkinkan kamu membawa pulang potongan kenangan dari pulau surga ini.

oleh oleh kaos khas karimunjawa

Selain itu, desainnya tidak yang monoton loh, jadi kamu bisa tetap pakai untuk hangout atau pelengkap OOTD-mu. Jadi, kalau mau borong oleh-oleh yang dipakai untuk jangka panjang, dan bisa untuk siapa saja, kaos adalah jawabannya.

6. Ikan Asin Khas Karimunjawa: Cita Rasa Laut dalam Gigitan

Ikan Asin Khas Karimunjawa adalah pilihan yang tepat bagi pecinta kuliner laut. Ikan-ikan segar diolah menjadi ikan asin dengan proses tradisional. Rasanya yang gurih dan asin menjadi ciri khas oleh-oleh dari Karimunjawa.

Selain awet dan bisa kamu bawa terbang kemana saja, ikan asin pun bisa kamu kreasikan untuk beragam menu hidangan. Termasuk, kalau kamu kangen Karimunjawa, kamu bisa hadirkan kenangan indahnya lewat sajian ikan asin khas selama di sana. 

7. Oleh Oleh Khas Karimunjawa Blenyik: Rasa Gurih dari Laut

Blenyik adalah camilan khas Karimunjawa yang terbuat dari bahan dasar ikan teri atau ikan gabus yang dicampur dengan cabe merah, bawang merah dan beberapa rempah pelengkap lainnya. Makanan ini memiliki rasa gurih khas ikan dan aroma sedap yang menggugah selera.

oleh oleh khas karimunjawa tempong ikan teri

Kabar baiknya, ada bentuk frozen yang bisa kamu bawa pulang sebagai stok makanan atau kamu bagikan ke teman-teman. Rasanya yang unik dan kelezatannya yang otentik, membuat kuliner ini wajib masuk dalam bucket list oleh-olehmu. 

8. Ikan Serepeh & Ikan Bakar BBQ: Kelezatan Laut dalam Panggang

oleh oleh khas karimunjawa bbq dan ikan serepeh

Inilah bintangnya. Kuliner pesisir memang ada banyak, namun khusus Karimunjawa kamu akan menjumpai ikoniknya. Yaitu ikan serepeh yang ikan bakar dengan bumbu otentik masyarakat Karimunjawa. Rasanya yang segar dan cita rasa panggang yang khas membuatnya menjadi pilihan yang luar biasa untuk makan siang atau kamu bungkus jadi oleh-oleh. 

9. Rondo Royal: Rasa Manis Tradisional

Rondo royal oleh oleh khas jepara dan karimunjawa

Rondo Royal ialah cemilan unik yang juga khas Jepara dan Karimunjawa, terbuat dari adonan tepung beras diisi tape singkong lalu digoreng. Rasa manis yang dihasilkan itu unik sekali. Sekilas mirip jenis makanan lain, tapi ada hal unik yang menjadi ciri khasnya. Sehingga, kalau mau jadikan kuliner ini sebagai oleh oleh khas Karimunjawa, kamu bisa pilih yang frozen-nya agar tidak basi selama perjalanan.

10. Lontong Krubyuk: Lezat dan Penuh Kuah

oleh oleh khas karimunjawa lontong krubyuk khas jepara

Lontong Krubyuk adalah hidangan khas Jepara yang memiliki banyak kuah. Kuah rempah yang lezat dengan daging ayam semur menjadi hidangan yang menggugah selera. Sayangnya, ini tidak bisa kamu bawa terbang jauh. Jadi misal mau bungkus jadi oleh oleh khas Karimunjawa, pastikan tujuanmu masih tercover dan tidak basi.

11. Oleh oleh Khas Karimunjawa, Monyos: Makanan Ringan Bersejarah

Monyos adalah makanan ringan dari tepung beras yang digoreng. Ini adalah cemilan tradisional yang biasa dinikmati di masa lalu. Meskipun sederhana, Monyos memiliki nilai historis dan rasa yang unik. Jadi, kalau kamu ingin merasakan ragam kuliner khas, ini wajib kamu bungkus dan jadikan cemilan selama perjalanan. 

Kesimpulan:

Dari kerajinan pribumi lokal dari bahan 3 kayu hingga kuliner laut dan camilan tradisional, oleh oleh khas Karimunjawa menghadirkan kelezatan dan keunikan pulau tersebut dalam setiap gigitan dan kenangan. Tak hanya sebagai barang bawaan, oleh-oleh ini menjadi simbol dari keindahan dan keberagaman Karimunjawa yang tak terlupakan.

Namun, jangan lupa, agar kenangan yang hadir itu menjadi lebih indah-indah dan menyenangkan, paling penting memilih tour travel yang bisa mewujudkan hal tersebut. Seperti halnya tim kami yang siap jadikan liburanmu ke Karimunjawa menjadi memori kenangan indah yang tidak terlupakan. 

Klik di sini untuk dapatkan penawaran terbaiknya, dan pastikan bucket list oleh oleh khas Karimunjawa yang kamu inginkan bisa menghadirkan kenangan indah selama di sana. 

Wisata Karimunjawa Murah

Pada saat agenda paket tour karimunjawa berlangsung, kami akan mengantarkan Anda menuju lokasi pusat belanja oleh oleh karimunjawa tersebut diatas.

Comment
Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh Bantuan?
Scan the code
Diskusi Mengenai Paket tour Karimunjawa